Sabtu, 30 Maret 2013

Cara Menggunakan Mikrometer


Micrometer


Mikrometer adalah instrumen pengukuran presisi, yang digunakan oleh para insinyur. Bagian utama dari Micrometer adalah : Frame, Thimble, Rachet, Sleeve, Spndle, Spndle Face, Anvil Face, dan Lock Nut sebagaimana dapat dilihat pada gambar di bawah. Apabila Thimble atau Rachet diputar maka spindle akan bergerak maju-mundur, Setiap satu putaran rachet menggerakkan 0.5mm permukaan spindle (spindle face) ke permukaan landasan (anvil face).

Obyek yang akan diukur ditempatkan antara permukaan landasan dan permukaan spindle. Rachet diputar searah jarum jam sampai benda tersebut terjepit antara kedua permukaan sampai rachet menghasilkan suara clik, Ini berarti bahwa rachet tidak bisa diperketat lagi dan pengukuran dapat dibaca.


Bagian dari Micrometer
Micrometer Pengukur Kedalaman
Mikrometer pengukur kedalaman adalah alat/instrumen pengukur presisi, digunakan oleh engineer untuk mengukur kedalaman. Setiap putaran rachet akan menggerakkan 0.5mm permukaan spindel ke bagian bawah. Ganbar di bawah ini menunjukkan bagaimana cara menggunakan Micrometer pengukur kedalaman digunakan. Ratchet diputar searah jarum jam sampai permukaan spindel menyentuh bagian bawah lubang. Hasil pengukuran dibaca dengan cara yang persis sama seperti skala mikrometer normal.


Micrometer Pengukur Kedalaman
Pembacaan Skala hasil Pengukuran

Pembacaan Sleeve penuh = 12 mm
Pembacaan Sleeve 1/2 = 0,5 mm
Pembacaan Thimble = 0,16 mm
Pembacaan total = 12,66 mm

Pembacaan Sleeve penuh = 16 mm
Pembacaan Sleeve 1/2 = 0
Pembacaan Thimble = 0,355 mm
Pembacaan total = 16,355 mm

Pembacaan Sleeve penuh = 7 mm
Pembacaan Sleeve 1/2 = 0,5 mm
Pembacaan Thimble = 0,26 mm
Pembacaan total = 7,76 mm
Micrometer Digital

Digital Micrometer
Cara penggunaan digital micrometer adalah sama dengan micrometer biasa (analog micrometer) akan tetapi pembacaan hasil pengukuran lebih mudah, karena dapat dilihat langsung pada layar LCD.

0 komentar:

Poskan Komentar